Problem Solving Permasalahan Pangan

Agar cepat tercapai keseimbangan diantara keduanya diperlukan penumpukan cadangan pangan yang relatif besar adapun cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan produksi pangan dengan cara sebagai berikut:

  1. Intensifikasi produksi pangan melalui pemakaian jenis tanaman unggul yang cepat tumbuh dan tahan penyakit, pengunaan pupuk, pemakaian irigasi teknis yang efektif di tempat-tempat yang menyediakan air alamiahnya kurang, penggunaan alat dan obat pemberantas hama (penyakti) yang aman dan efektif, dan penerapanan teknologi bercocok tanam modern.
  2. Ekstensifikasi atau perluasan produksi pangan, yaitu: memproduksijenis dan banyaknya bahan makanan yang terutama adalah bahan makanan pokok dengan cara pengembangan akua kultur secara intensif atau jika memungkinkan pembukaan lahan baru.
  3. Diversikasi pangan yang berarti menganekaragamkan makanan pokok masyarakat suatu daerah dengan berbagai makanan pokok yang dapat disediakan oleh pemerintah seperit beras, jagung, gandum, ketela pohon, sagu, dan lain sebagainya.

Tinggalkan komentar